Minggu, 29 Januari 2012

BAGAIMANA LISTRIK BISA SAMPAI KE RUMAH KITA ????

sistem penyaluran listrik......................

Tahukah anda  dari mana listrik itu dihasilkan dan bagaimana penyalurannya sehingga sampai ke rumah  kita. Berikut sedikit penjelasan mengenai  proses penyaluran listrik sampai ke rumah kita.

 Penyaluran
Dari Gambar  diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :

Listrik itu dihasilkan oleh sebuah Pembangkit Listrik dari suatu proses mengubah energi potensial menjadi energi kinetik menjadi energi listrik. Energi Potensial itu sumbernya dari air, batu bara, gas, dan lain sebagainya. Terdapat beberapa jenis pembangkit listrik berdasarkan bahan bakar atau sumber energinya yaitu PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap), PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas), PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel), PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) dan masih banyak jenis pembangkit lainnya.
                                             

Energi yang dihasilkan oleh pembangkit berupa daya listrik dimana daya listrik yang selanjutnya disalurkan melalui saluran transmisi namun sebelumnya terlebih dahulu tegangannya dinaikkan ke level tegangan tinggi untuk disalurkan. Tegangan sisi pembangkit biasanya berkisar 10 s.d 11 kV sehingga agar penyalurannya efektif disalurkan melalui tegangan tinggi seperti 70 kV, 150 kV, 275 kV dan 500 kV. Menaikkan tegangan dari  11 kV menjadi 150 kV dilaksanakan oleh trafo Step Up (trafo yang berfungsi menaikkan tegangan) di switch Yard pembangkit.

 Daya listrik yang sudah bertegangan tinggi tadi disalurkan melalui saluran transmisi menuju ke  Gardu Induk. Saluran transmisi bentuknya seperti  tower-tower telpon celuler yang dihubungkan oleh kabel-kabel  tegangan tinggi  yang biasa kita liat terbentang diatas  pegunungan dan hutan. Sementara Gardu Induk itu merupakan titik simpul dari Saluran Transmisi dimana Di Gardu Induk inilah tegangan dari 150 kV di turunkan lagi menjadi tegangan 20 kV  untuk disalurkan.
Saluran tegangan menengah 20 kV yang merupakan  pemasok listrik  untuk suatu daerah biasanya kita jumpai  dipinggir jalan seperti “tiang jemuran”. Jadi dari Gardu Induk itu terdapat beberapa saluran 20 kV untuk memasok daerah daerah di sekitar Gardu Induk. Untuk daerah yang letaknya jauh dari Gardu Induk biasanya ada lagi gardu-gardu distribusi yang berfungsi antara lain : untuk mempertahankan tegangan pada saluran tegangan menengah  agar tetap sebesar 20 kV dan juga membagi lagi jalur tegangan menengah  ke beberapa  daerah lain.

Nah.. Dari salurang tegangan 20 kV inilah selanjutnya daya listrik diturunkan lagi tegangannya ke 220 Volt kemudian masuk ke rumah-rumah kita.Trafo-trafo distribusi biasanya terdapat  pada tiang-tiang listrik dan untuk satu trafo distribusi dapat  menyuplai ke beberapa rumah tergantung dari kapasitas trafo distribusi tersebut.

Begitulah kira-kira sekilas mengenai bagaiman listrik itu dibangkitkan da disalurkan ke rumah kita, semoga bermanfaat dan pesan saya adalah pakailah listrik seefisien mungkin.

15 komentar: